Pentingnya Keamanan Firewall Jaringan

01 Pentingnya Keamanan Firewall JaringanPentingnya Keamanan Firewall Jaringan, Mungkin Anda mengingatnya hanya sebagai salah satu pilihan pengaturan di komputer. Lengkap dengan ikon bola dunia yg ditutupi tembok bata berwarna merah. Program yang satu ini merupakan program penting yang menjadi garis depan perlindungan komputer terhadap virus, dan program jahat lainnya.

Di postingan ini Anda akan belajar mengenal lebih dalam soal firewall. Kita akan membahas berbagai hal yang perlu kita ketahui pada sebuah firewall. Dengan begitu, kalian tidak akan menganggap enteng firewall sebagai pertahanan awal dari sebuah komputer. Dengan begitu mari kita mulai sebagai berikut.

baca juga artikel kami lainnya tentang Bahaya Virus Komputer Ransomware

Pentingnya Keamanan Firewall Jaringan

Apa Itu Firewall?

Firewall merupakan program keamanan pertama yang biasanya sudah ada di komputer bersama dengan OS Microsoft. Firewall tersebut secara awam bekerja seperti tembok yang membatasi komputer kita dari internet.  Melalui “Firewall” tersebut kalian dapat mengatur informasi yang melalui jaringan komputer kalian.

Terdapat dua jenis firewall, yaitu Firewall Hardware dan Firewall Software. Keduanya mempunyai konfigurasi atau pengaturan yg berbeda. Meski begitu, keduanya tetap mempunyai fungsi utama yg sama: Pentingnya Keamanan Firewall Jaringan.

Firewall menggunakan hardware adalah seperti router. Firewall macam ini memerlukan konfigurasi untuk bisa bekerja secara efektif. Untuk dapat bekerja dengan normal, firewall menggunakan beberapa cara untuk menyaring data dari sumber dan tujuannya. Secara internal sistem akan membandingkan data menurut aturan yg ditetapkan. Kemudian, ia memutuskan data mana yg perlu di-drop atau diteruskan ke tujuan.

Firewall berbasis perangkat lunak adalah sebuah solusi untukj melindungi jaringan komputer untuk pemakai internet yang ada di rumah. Pada umumnya, firewall tersebut di buat secara terpisah dari sistem utama, dan memiliki fitur ekstra sebagai anti virus komputer. Tipe Firewall tersebut mampu melindungi trafik in dan outbonud, dan sistem kalian dapat terhindar dari berbagai serangan digital seperti virus trojan dan juga worm.

Apa Fungsi Firewall?

Alasan Pentingnya Keamanan Firewall Jaringan tentunya jadi sebab utama untuk menggunakan firewall. Bisa di katakan, pemakaian firewall tersebut adalah hal yang wajib di lakukan. Dan berikut ini mari kita bahas apa saja firewall dapat lakukan untuk mengamankan jaringan komputer kita.

1. Mampu melindungi data dari peretas dan user pihak ketiga

Seperti yg sudah si sebutkan di atas, firewall memiliki fungsi seperti sekat antara sistem komputer dengan internet. Karena firewall lah, hacker dan pengguna asing tidak bisa mengakses data yg Anda miliki. Singkatnya, data di dalam komputer kita akan mudah di curi oleh orang jika komputer tidak memiliki firewall.

2. Block Pesan yg Tidak Diinginkan

Anda memperoleh pesan misterius yg mengatakan komputer Anda dalam bahaya. Dimana jika kalian tidak memasang software tertentu, maka komputer kalian akan shutdown secara otomatis dalam waktu tertentu.

Apabila kalian pernah mendapatkan pesan seperti itu, bisa jadi firewall yang ada di komputer kalian belum aktif atau belum terpasang dengan baik. Pesan spam seperti yang telah di sebutkan diatas biasanya akan mudah di temukan apabila kalian menggunakan OS XP.

3. Block Konten yg Tak Diinginkan

Selain menghalangi pesan yang biasanya memiliki virus di dalamnya, firewall juga dapat di pakai untuk menghalangi konten dari situs tertentu yang di blacklist oleh firewall baik secara otomatis maupun manual. Kalian dapat mengatur konten apa saja yang dapat masuk ke dalam sistem komputer kita melalui firewall.

4. Membuat Permainan Online Lebih Aman dan Nyaman

Permainan online mempunyai risiko dan celah keamanan. Ini dikarenakan pertukaran data secara cepat yg terjadi antara jaringan. Ada kemungkinan peretas akan mengupload ke komputer kalian. Meski umumnya server Permainan online sudah dilengkapi fitur keamanan canggih, ada baiknya untuk berjaga-jaga dengan firewall yg di set-up ke komputer sendiri.

5. Monitor Bandwidth

Firewall tidak hanya bermanfaat untuk memastikan Pentingnya Keamanan Firewall Jaringan komputer terjaga. Selain dari fungsi utamanya, firewall ini memantau data-data yang masuk ke dalam jaringan komputer dan dapat membatasi bandwidth yang di pakai. Untuk contohnya, kalian dapat mengatur sendiri batasan kontent yang ada di dalam sebuah web. Lalu prioritas bandwidth untuk konten situs yang penting saja.

6. Mengakses Layanan VPN

Firewall juga dapat di gunakan sebagai koneksi virtual, atau yang biasa di sebut dengan VPN. Lewat layanan ini, pengguna bisa mengakses jaringan internal Anda. Dengan layanan dari VPN ini, kalian dapat juga mengakses konten situs yang di blokir atau memiliki region lock. Hal tersebut dapat di gunakan sebagaih peningkat produktivitas dalam menyusuri internet.

Setelah mengetahui berbagai fungsi dari firewall, informasi penting lainya wajib kalian ketahui seperti cara kerja firewall itu sendiri. Di bagian selanjutnya kita akan bahas secara lengkap logika di balik apa yg dikerjakan firewall.

Bagaimana Cara Kerja Firewall?

Firewall memiliki fungsi utama untuk melakukan filter data pada jaringan internet yang masuk ke dalam komputer. Program ini dapat menolak maupun memperbolehkan sebuah paket yang di akses dalam sebuah komputer.

Ada tiga cara yg digunakan firewall untuk mengamankan jaringan. Firewall bisa memakai satu hingga tiga metode dengan cara berikut untuk mengamankan jaringan. Simak penjelasan berikut untuk lebih lengkapnya:

Pertama, penyaringan data yang artinya firewall memiliki aturan-aturan khusus untuk mengatur data mana saja yang boleh untuk masuk dalam sebuah jaringan. Setiap data akan di teliti satu per satu dalam sebuah ruang yang terpisah dari sistem komputer. Apabila sebuah data di kirim dalam satu kelompok, maka kelompok tersebut akan di pisahkan satu persatu dan di periksa.

Saat sebuah data di anggap berbahaya untuk sebuah sistem, maka firewall akan melakukan sebuah blok agar data tersebut tidak masuk ke dalam sistem komputer. Dan sebaliknya apabila sebuah data di nilai aman, maka data tersebut dapat masuk ke dalam sebuah sistem.

Kedua, proxy service. Metode ini menggunakan aplikasi sebagai penghubung antar sistem komputer. Proxy adalah sebuah fitur yang ada di dalam firewall untuk memeriksa data yang saling di tukarkan dalam sebuah jaringan.

Sistem ini bisa dikatakan lebih efektif. Sebab, semua informasi yg diperiksa secara tersentralisasi. Cara kerja macam ini bisa dikatakan lebih canggih karena proxy service berusaha menciptakan hubungan antarjaringan yg mirip.

Ketiga, stateful inspection. Sistem ini menelusuri packet yg diterima dengan aktivitas-aktivitas sebelumnya. Packet yg diterima kemudian diperiksa dalam database packet.

Pentingnya Firewall untuk sistem komputer

Saat firewall selesai memeriksa paket, maka firewall akan melakukan tiga metode. Pertama, accept atau terima. Artinya, firewall akan memperbolehkan trafik untuk melewati jaringan. Kedua, reject atau tolak.  Dan yang terakhir adalah melakukan drop, dimana firewall akan menolak trafik tanpa melakukan konfirmasi.

Firewall merupakan hal yg tak boleh dilewatkan sebelum mengakses internet. Elemen ini memastikan Anda bisa berselancar di internet tanpa khawatir terinfeksi virus atau mengalami pencurian data.