Sejarah dan Teknologi Pengenal Muka

Sejarah dan Teknologi Pengenal Muka

Mekanisme atau teknologi pengenal muka ialah tehnologi yang sanggup mengenali atau mengonfirmasi seorang dari gambar digital atau frame video.

Mekanisme pengenalan muka bekerja dengan beberapa sistem, tapi pada umumnya, mekanisme ini bekerja dengan memperbandingkan feature muka yang di putuskan dari gambar yang di beri dengan muka dalam database.

Sejarah dan Teknologi Pengenal Muka yang Kerap Memacu Pro-kontra

Mekanisme Ini di lukiskan selaku program berbasiskan Kepandaian Bikinan Biometrik (Biometric Artificial Intelligence) yang bisa secara unik mengenali seorang dengan menganalisa skema berdasar struktur dan wujud muka orang itu.

Walau sebelumnya berupa program computer, tetapi akhir-akhir ini pemakaiannya berkembang lebih luas kembali pada basis mobile dan berbentuk tehnologi yang lain, seperti robot.

Baca Juga: Riwayat Teknologi Informasi di Indonesia

Walau selaku tehnologi biometrik akurasi mekanisme pengenalan muka lebih rendah di banding pengenalan irislah dan pengenalan sensor jemari, mekanisme ini di pungut secara luas sebab prosesnya yang tanpa contact dan non-invasif.

Belakangan ini, mekanisme ini sehingga terkenal selaku alat analisis dan marketing komersil. Pemakaian yang lain terhitung hubungan manusia-komputer tingkat menengah, camera pengawas, pengindeksan gambar secara automatis, dan pangkalan data video.

Riwayat Tehnologi Pengenalan Muka

Ia senang dengan pekerjaan ini, tapi sebab permodalannya di siapkan oleh Tubuh Intelijen yang tidak di sebut namanya, yang tidak mungkin banyak publikasi, sehinga kreasi mereka yang di edarkan. Berdasar rujukan yang ada, tersingkap jika pendekatan awalnya Bledsoe mengikutsertakan penandaan manual bermacam landmark di wajah seperti pusat mata, mulut, dan lain-lain, dan secara matematis di putar oleh computer untuk mengkompensasi macam gaya.

Di beri pangkalan data besar gambar (pada intinya, buku mugshots – photo muka seorang yang di bikin untuk maksud sah, khususnya untuk rekaman kepolisian) dan photo, permasalahannya ialah pilih dari 1 set kecil pangkalan data rekaman, sampai salah satunya catatan gambar pas dengan photo. Kesuksesan sistem ini bisa di ukur dari rasio daftar jawaban dalam jumlah rekaman dalam pangkalan data. Bledsoe (1966a) memvisualisasikan kesusahan-kesulitan berikut ini:

Analisi Struktur Kulit (Skin Texture Analysis)

Trend yang lain tampil memakai detil visual kulit, sama seperti yang aman dalam sebuah gambar digital standard atau gambar yang di pindai. Tehnik ini, yang di sebutkan Skin Texture Analysis, mengganti garis, skema, dan bercak-bercak unik di kulit seorang ruangan matematika. Riset Struktur Permukaan ini sanggup mengenali ketidaksamaan di antara pasangan kembar sama, yang belum kemungkinan di laksanakan cuman memakai piranti lunak pengenalan muka saja. Test sudah memperlihatkan jika dengan tambahan riset struktur kulit, performa dalam mengenal muka bisa bertambah 20 sampai 25 %.

Pengenalan Muka Kombinasi Bermacam Tehnik (Facial Recognition Combining Different Techniques)

Sebab tiap sistem mempunyai keunggulan dan kekurangan, perusahaan tehnologi sudah menyatukan sistem tradisionil, Pengenalan 3-D dan Riset Tekstual Kulit, untuk membuat mekanisme pengenalan muka yang mempunyai tingkat kesuksesan yang semakin tinggi. Tehnik kombinasi mempunyai keunggulan di banding mekanisme lain. Relatif tidak peka pada perombakan gestur, terhitung berkedip, mengernyitkan kening atau tersenyum, dan mempunyai kekuatan untuk menyeimbangi perkembangan kumis atau janggut dan performa kacamata.

ID verification

Pemakaian pengenalan muka yang tampil sekarang ini ialah pemakaian service klarifikasi ID. Banyak perusahaan saat ini yang sediakan service ini pada pihak perbankan, ICO, dan usaha elektronik yang lain.

Face ID

Apple mengenalkan Face ID pada iPhone X, selaku alternatif otentikasi biometrik untuk Touch ID (mekanisme berbasiskan sidik jemari). Face ID mempunyai sensor pengenalan muka yang terdiri dari 2 sisi: modul “Romeo” yang memproyeksikan lebih dari 30.000 titik inframerah ke muka pemakai, dan modul “Juliet” yang membaca alurnya.

Skema itu dikirimkan ke “Secure Enclave” di Central Processing Unit (CPU) piranti untuk memverifikasi kesesuaian dengan muka pemilik hp. Skema muka yang ada dalam piranti, tidak bisa di jangkau oleh Apple. Mekanisme tidak bekerja dengan mata tertutup, dalam usaha untuk menahan akses tidak syah.

Tehnologi ini belajar pada perombakan performa pemakai, dan karena itu bekerja dengan topi, syal, kacamata, dan banyak kacamata hitam, janggut dan dandan muka. Teknologi ini berperan dalam gelap, di laksanakan dengan memakai “Flood Illuminator” (lampu kilat inframerah spesial) yang keluarkan sinar inframerah yang tidak nampak ke muka pemakai untuk membaca secara benar 30.000 titik muka.

Teknologi pengenal muka atau facial recognition adalah penemuan yang kerap memunculkan pro-kontra. Banyak yang melawannya sebab tehnologi ini akan menginvasi privacy tiap manusia. Ini sebab nanti muka kita akan masuk di database. Kekuatan penyimpangannya akan makin besar.

Tetapi cukup banyak yang memberi dukungan sebab banyak keringanan yang akan di dapat. Banyak pakar yang menjelaskan jika tehnologi ini dapat menolong performa bermacam karier di hari esok.

Sesungguhnya telah seberapa jauh tehnologi ini berkembang? Apa imbas prospektif yang akan di bawa? Baca keterangan di bawah ini!

  1. Umumnya di pakai selaku password dan mekanisme mangkirsi pegawai perusahaan

Pengenal muka ialah teknologi yang dapat mengenali dan mengonfirmasi identitas seorang memakai mukanya. Tetapi makin majunya tehnologi membuat manfaatnya makin bermacam.

  1. Pengenal muka di dasari pada kepandaian bikinan biometric

Kepandaian bikinan biometrik ialah tehnologi yang di rencanakan untuk menghitung, menganalisa, dan merekam karakter fisik manusia. Ia mempunyai kekuatan analisis yang kuat. Ini kepandaian bikinan yang di gunakan dalam pengenal sidik jemari.

Pada teknologi pengenal muka, analisis dilaksanakan dengan menganalisa skema struktur dan wujud muka orang yang berkaitan. Semua feature muka akan direkam, terhitung tahi lalat, sisa cedera, dan sebagainya.

  1. Muka kita akan masuk di dalam database

Mekanisme pengenal muka dapat mengenali seorang cuman dari gambar digital atau bahkan juga kutipan video. Ini sebab waktu kita tercatat dalam mesin, detil muka kita akan masuk di dalam database.

Mesin akan memperbandingkan feature muka kita dengan semua data yang dia punyai. Database itu mencakup info individu kita.

  1. Banyak perusahaan yang meningkatkan tehnologi ini

Google, Apple, Facebook, Amazon, dan Microsoft ialah perusahaan yang paling paling depan dalam meningkatkan pengenal muka. Semua raksasa situs berlomba untuk bikin mekanisme yang lebih hebat.

Dikutip dari Gaunglto, Facebook mempunyai DeepFace dengan ketepatan sebesar 97,35 %. Kamu dapat memberikan bukti lewat tag photo di Facebook. Dia dapat mengetahui siapa yang ada dipotret yang kamu upload. Google tidak ingin kalah dari meningkatkan FaceNet yang di-claim 100 % tepat dalam mengetahui muka.

  1. Bisa mengetahui kesehatan manusia

Periset dari Macquarie University Australia manfaatkan tehnologi pengenal muka untuk mengetahui kesehatan. Mereka mengakui jika muka dapat memperlihatkan bermacam keadaan kesehatan fisiologis.

Misalkan untuk mengetahui tanda penting seperti tekanan darah, menganalisa apa ada penyakit genetik yang dialami, dan mencari pemakaian obat lebih tepat. Di hari esok, tehnologi ini makin lebih hebat kembali.

  1. Pengenal muka bisa dipakai untuk menolong polisi tangkap aktor kriminil

Salah satunya faedah tehnologi pengenal muka yang paling penting untuk menolong kerja kepolisian. Sekarang mereka dapat tangkap aktor kriminil lebih gampang memakai MORIS (Mobile Offender Recognition and Identification Sistem).

Dia ialah alat pendeteksi muka yang dipasang pada iPhone dan diberi dengan database semua aktor kriminil. Polisi cukup ambil photo dari orang yang meresahkan. Mekanisme selanjutnya akan memperbandingkannya dengan database.

  1. Teknologi ini akan memberikan keuntungan untuk pemasaran produk

Perusahaan besar akan memakai pengenal muka untuk pahami sikap konsumennya. Bagaimana triknya?

Mereka menempatkan camera di gerai, tangkap muka dari konsumennya selanjutnya cari info pribadinya di sosial media. Dengan bekal info itu, staff pemasaran akan membenahi produknya supaya sesuai opsi customer.

  1. Di lain sisi tehnologi ini akan bikin rugi beberapa orang

Kamu telah memperoleh kisah berkenaan langkah kerja tehnologi pengenal muka? Pikirkan bila semua kamera pengaman pada tempat khalayak diperlengkapi dengan feature itu. Batasan di antara info yang memiliki sifat individu dan khalayak akan makin kabur.

Ini akan memberikan ancaman privacy seluruh orang. Belum juga bila tehnologi ini disalahgunakan oleh beberapa orang tidak bertanggungjawab. Kedatangan pengenal muka akan mempermudah mereka untuk mengikuti sasarannya.

Untuk menghindar beberapa hal yang tidak di harapkan, harus ada peraturan yang mengendalikan pemakaian tehnologi pengenal muka. Batas yang pasti harus diaplikasikan.