Tentang Kami

Pentingnya Perangkat Lunak Komputer adalah kumpulan instruksi dan data yang memberi tahu komputer cara bekerja. Ini berbeda dengan perangkat keras fisik, dari mana sistem dibangun dan benar-benar melakukan pekerjaan.

Perangkat lunak komputer termasuk program komputer, perpustakaan, dan data non-executable terkait, seperti dokumentasi online atau media digital. Perangkat keras dan perangkat lunak komputer saling membutuhkan dan tidak dapat digunakan secara realistis sendiri.

Pada tingkat pemrograman terendah, kode yang dapat dieksekusi terdiri dari instruksi bahasa mesin yang didukung oleh prosesor individu – biasanya unit pemrosesan pusat (CPU) atau unit pemrosesan grafis (GPU).

Pentingnya Perangkat Lunak Komputer

Bahasa mesin terdiri dari kelompok nilai biner yang menandakan instruksi prosesor yang mengubah keadaan komputer dari keadaan sebelumnya. Misalnya, instruksi dapat mengubah nilai yang disimpan di lokasi penyimpanan tertentu di komputer – efek yang tidak dapat diamati secara langsung kepada pengguna.

Instruksi juga dapat memohon satu dari banyak operasi input atau output, misalnya menampilkan beberapa teks pada layar komputer; menyebabkan perubahan keadaan yang harus terlihat oleh pengguna. Prosesor mengeksekusi instruksi dalam urutan yang disediakan, kecuali jika diinstruksikan untuk “melompat” ke instruksi yang berbeda, atau terganggu oleh sistem operasi.

Pada 2015, sebagian besar komputer pribadi, perangkat dan server smartphone memiliki prosesor dengan berbagai unit eksekusi atau beberapa prosesor yang melakukan perhitungan bersama, dan komputasi telah menjadi aktivitas yang jauh lebih bersamaan daripada di masa lalu.

Mereka lebih mudah dan lebih efisien untuk programmer karena mereka lebih dekat dengan bahasa alami daripada bahasa mesin. Bahasa tingkat tinggi diterjemahkan ke dalam bahasa mesin menggunakan kompiler atau penerjemah atau kombinasi keduanya. Pentingnya Perangkat Lunak Komputer juga dapat ditulis dalam bahasa perakitan tingkat rendah, yang memiliki korespondensi kuat dengan instruksi bahasa mesin komputer dan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin menggunakan assembler.

Jenis perangkat lunak

Pada hampir semua platform komputer, Pentingnya Perangkat Lunak Komputer dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori luas.

Tujuan, atau domain penggunaan

Berdasarkan tujuan, perangkat lunak komputer dapat dibagi menjadi:

Aplikasi perangkat lunak

yang merupakan perangkat lunak yang menggunakan sistem komputer untuk melakukan fungsi khusus atau menyediakan fungsi hiburan di luar operasi dasar komputer itu sendiri. Ada banyak jenis perangkat lunak aplikasi, karena kisaran tugas yang dapat dilakukan dengan komputer modern begitu besar daftar Pentingnya Perangkat Lunak Komputer.

Perangkat lunak sistem

Untuk memberikan fungsi dasar yang diperlukan oleh pengguna, atau untuk perangkat lunak lain untuk berjalan dengan benar, jika sama sekali. Perangkat lunak sistem juga dirancang untuk menyediakan platform untuk menjalankan perangkat lunak aplikasi, dan itu termasuk yang berikut:

  • Sistem operasi
    Program pengawasan, boot loader, cangkang dan sistem jendela adalah bagian inti dari sistem operasi. Dalam praktiknya, sistem operasi datang dibundel dengan perangkat lunak tambahan (termasuk perangkat lunak aplikasi) sehingga pengguna berpotensi melakukan beberapa pekerjaan dengan komputer yang hanya memiliki satu sistem operasi.
  • Driver perangkat
    yang mengoperasikan atau mengontrol jenis perangkat tertentu yang terpasang ke komputer. Setiap perangkat membutuhkan setidaknya satu driver perangkat yang sesuai; Karena komputer biasanya memiliki minimum setidaknya satu perangkat input dan setidaknya satu perangkat keluaran. Komputer biasanya membutuhkan lebih dari satu driver perangkat.
  • Keperluan
    Perangkat lunak berbahaya atau malware
    yang merupakan perangkat lunak yang dikembangkan untuk membahayakan dan mengganggu komputer. Dengan demikian, malware tidak diinginkan. Malware terkait erat dengan kejahatan terkait komputer, meskipun beberapa program jahat mungkin dirancang sebagai lelucon praktis.

Domain Eksekusi Pentingnya Perangkat Lunak Komputer

  • Aplikasi desktop seperti browser web dan Microsoft Office, serta aplikasi smartphone dan tablet (disebut “Apps”). (Windows 8, dan kemudian Ubuntu Touch, mencoba untuk memungkinkan gaya antarmuka pengguna aplikasi yang sama digunakan pada desktop, laptop dan ponsel.)
  • Skrip Javascript adalah perangkat lunak yang secara tradisional tertanam dalam halaman web yang dijalankan langsung di dalam browser web ketika halaman web dimuat tanpa perlu plugin browser web. Pentingnya Perangkat Lunak Komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain juga dapat dijalankan di dalam browser web jika perangkat lunak diterjemahkan ke dalam Javascript. Atau jika plugin browser web yang mendukung bahasa tersebut diinstal; Contoh yang paling umum dari yang terakhir adalah skrip ActionScript, yang didukung oleh Plugin Adobe Flash.
  • Perangkat lunak server, termasuk:
    • Aplikasi web, yang biasanya berjalan di server web dan output halaman web yang dihasilkan secara dinamis ke browser web, menggunakan E.G. PHP, Java, ASP.NET, atau bahkan Javascript yang berjalan di server. Pada zaman modern ini umumnya termasuk beberapa JavaScript untuk dijalankan di browser web juga. Dalam hal ini mereka biasanya menjalankan sebagian di server, sebagian di browser web.
  • Plugins dan ekstensi adalah Pentingnya Perangkat Lunak Komputer yang memperluas atau memodifikasi fungsionalitas perangkat lunak lain. Dan mengharuskan perangkat lunak yang digunakan untuk berfungsi;
  • Microcode adalah jenis perangkat lunak tertanam khusus dan relatif tidak jelas yang menceritakan prosesor itu sendiri cara mengeksekusi kode mesin, jadi itu sebenarnya level yang lebih rendah daripada kode mesin. Ini biasanya dimiliki oleh produsen prosesor, dan setiap pembaruan Pentingnya Perangkat Lunak Komputer mikrokode koreksi yang diperlukan dipasok oleh mereka kepada pengguna (yang jauh lebih murah daripada perangkat keras prosesor penggantian). Dengan demikian seorang programmer biasa tidak akan berharap harus menghadapinya.