Virus Komputer Yang Membuat Kerugian Ratusan Triliun

Virus Komputer yang Membuat kerugian Ratusan Triliun, Jangan Sampai Kena deh!

Sejumlah besar dari kita tentu pernah merasakan permasalahan computer yang disebabkan karena Virus Komputer Membuat Kerugian. File penting jadi raib, perform computer melamban, sampai bahkan juga berbuntut pada peretasan akun-akun kita di dunia maya.

Itu mengapa gempuran virus jarang ada secara masif akhir-akhir ini, berlainan dengan awalnya.

Virus Komputer Yang Membuat Kerugian Ratusan Triliun

Di seputar tahun 2000-an, ada beberapa gempuran virus di dunia yang memunculkan beberapa kerugian.

Virus Yang Mampu Resiko Rugi Besar Dalam Komputer

Mereka bahkan juga dipanggil beberapa virus paling beresiko sejauh riwayat. Ingin ketahui seperti apakah ceritanya Virus Komputer Membuat Kerugian? Baca di bawah ini!

  1. SQL Slammer/Sapphire

Pada Januari 2003, ada satu virus baru yang menebar di semua koneksi internet Amerika Serikat. Ini menyebabkan berhentinya server ATM, beberapa maskapal penerbangan harus tunda agenda keberangkatan sebab online ticketing yang hancur, telephone 911 macet, sampai memblok 27 juta orang dari internet.

Baca Juga: Tokopedia Bedah Pembaharuan di Saat Pandemi

Rupanya semua “musibah” itu disebabkan karena virus tipe worm yang namanya SQL Slammer atau Sapphire. Dia bisa kuasai 75 ribu koneksi internet cuman dalam sepuluh menit. Antiknya, tahun 2016 virus ini sempat tampil kembali di beberapa penjuru dunia. Tetapi inisiator worm ini tidak dikenali sampai saat ini.

  1. Melissa

Selanjutnya ada Melissa. Nama yang unik untuk satu virus computer. Iya, kan? Mencuplik laporan The Infographics Show, rupanya “Melissa” diambil dari nama penari eksotik dari Florida, Amerika Serikat yang terkenal pada tahun 1999.

Virus ini diawali pada hal yang simpel, yaitu file word yang ditebarkan lewat e-mail. Saat seorang membukanya, file itu akan dikirim kembali ke 50 contact e-mail orang itu. Kemungkinan tidak ada jelek, tetapi dia akan berpengaruh kuat saat sampai ke e-mail perusahaan besar.

Microsoft sampai mematikan service e-mail supaya tidak terserang rugi semakin besar. Diprediksi, Melissa bawa rugi sampai US$1,2 miliar. Untungnya inisiator virus ini selekasnya ketangkap dan dipenjara sepanjang sepuluh tahun.

  1. Anna Kournikova

Kamu kemungkinan telah kenal kembali bernama “Anna Kournikova”. Virus sejenis worm ini ambil nama olahragawan tenis wanita populer di dunia. Kembali lagi, virus ini menebar dari e-mail ke e-mail.

Tidak itu saja, inisiator virus memakai photo olahragawan itu selaku clickbait supaya semakin banyak orang yang berminat untuk buka e-mail yang dia sebarkan. Tetapi saat kamu mengekliknya, virus akan menebar ke semua contact di account e-mail.

Berdasar data dari CBR Online, kerusakan yang disebabkan karena “Anna Kournikova” capai US$166 ribu. Inisiator virus memberikan diri sesudah mengenali rugi yang dia akibatkan dan dijatuhi hukuman 150 jam servis khalayak.

  1. ILOVEYOU

Virus yang ini ditebarkan lewat e-mail dengan subyek “I love you”. Kedengar romantis memang, siapakah yang tidak ingin tahu saat memperoleh pesan semacam itu, kan? Tetapi itu langkah inisiator virus untuk menarik mangsanya.

Sebab membuat beberapa orang ingin tahu, ILOVEYOU cepat sekali menebar ke 45 juta pemakai dalam satu hari pada tahun 2000. Tidak itu saja saja, virus yang ini mengobrak-abrik komputermu. Dia akan meniadakan photo, audio, dan bermacam file penting yang lain.

Mengakibatkan, perusahaan Pentagon, CIA, sampai Parlemen Inggris menonaktifkan e-mail mereka untuk menghindar perampokan data dan infeksi virus itu. Rugi yang diakibatkan oleh ILOVEYOU terdaftar capai US$15 miliar.

  1. Kode Red

Dari namanya saja telah kedengar beresiko, ya. Tetapi sesungguhnya nama itu diberi sebab beberapa inisiator sedang konsumsi minuman Kode Red Mountain Dew saat membuat virus itu.

Kode Red tampil pada tahun 2001 dan menarget computer dengan mekanisme operasi Microsoft. Orang yang terserang virus ini akan memperoleh pesan “Welcome to worm.com hacked by Chinese”. Tetapi seluruh orang menyangsikan apa gempuran betul-betul dilaksanakan orang Tiongkok atau ini hanya perlakuan untuk memacu rasisme.

Sekali computer terkena, virus akan melipatgandakan dianya. Terdaftar dalam sembilan jam, telah ada 250 ribu mekanisme yang diserangnya. Rugi yang karena capai US$2 miliar dan nyaris menghancurkankan server internet.

  1. Conficker

Selanjutnya ada Conficker (2008). Ini adalah salah satunya worm paling menghancurkan sejauh riwayat. Terdaftar ada seputar 15 juta computer yang terkena dan memunculkan rugi sampai US$9 miliar. Tidak itu saja, virus ini serang tubuh-badan utama di dunia, seperti kepolisian, militer, sampai bermacam perusahaan besar.

Lantas apa yang sesungguhnya dilaksanakan worm ini? Saat computer terkena, worm akan berada di dalamnya dalam waktu lama sebab dia sanggup menerobos firewall dan antivirus. Dia sanggup mereset bermacam penataan, merintangi update mekanisme operasi, dan menyepak pemakai dari akunnya sendiri.

  1. Sircam

Sircam ialah worm yang kembali lagi menarget beberapa pemakai Microsoft Windows. Seperti worm dan virus yang lain, dia menebar lewat e-mail. Computer yang terserang virus ini akan memperoleh e-mail berbentuk “Saya mengirim file ini untuk memperoleh saran dari Anda”.

Antiknya, Sircam akan ambil satu file dari komputermu untuk disisipi virus dan dikirim ke seseorang. Tentu saja ini buruk sekali sebab bisa jadi file yang karakternya konfidensial ditebarkan secara acak.

Rugi yang diakibatkan oleh virus ini capai US$1 miliar.

  1. Zeus

Dikutip Hongkiat, Zeus ialah virus tipe trojan yang sanggup membuat computer kita lakukan beberapa hal yang memiliki sifat kriminil. Misalkan mengambil data seseorang, memberikan email phishing, dan lain-lain. Zeus juga beresiko sebab bisa terhubung detil account keuangan dan mengambil uang kita.

Seolah tidak cukup kronis, virus ini sanggup mengambil ransomware hingga semua file kita terkunci dan tidak bisa dijangkau. Mereka akan memberikan ancaman dan minta beberapa uang pada korbannya supaya file bisa dijangkau kembali.

Zeus sempat mengontaminasi lebih satu juta computer di dunia pada 2010 dan 25 prosentasenya berawal dari Amerika Serikat. Beberapa inisiator Zeus sukses memperoleh uang seputar US$70 juta. Rupanya ada 100 orang yang tersangkut dalam operasi ini, lho!

  1. Sobig

Selanjutnya ada Sobig. Virus yang menebar pada tahun 2003 sempat dipanggil selaku virus yang tercepat perkembangannya. Pasalnya pada waktu itu, diprediksi satu diantara 17 e-mail yang masuk di account tiap orang ialah salinan Sobig.

Berdasar laporan CNN, virus itu sempat hentikan beberapa maskapal Amerika Serikat dan beberapa perusahaan besar. Pakar keamanan cyber sempat scan 40 juta e-mail dan hasilnya 1/2 dari e-mail itu memiliki kandungan Sobig. Rugi yang diakibatkan olehnya diprediksi capai US$37,1 miliar.

  1. Mydoom

Mydoom ialah virus yang memunculkan rugi paling besar di dunia, yaitu capai US$38 miliar. Di tahun 2004, virus ini mengontaminasi minimal satu diantara 12 e-mail yang tersebar di dunia. Tidak cuman melalui e-mail, Mydoom menebar lewat peer-to-peer file share hingga gerakannya juga cepat.

Mydoom membuat bermacam perusahaan tehnologi cemas. Diantaranya ialah Google. Perusahaan itu bahkan juga melangsungkan sayembara, siapa saja yang sukses tangkap otak dari Mydoom akan memperoleh uang sebesar US$250 ribu.

Tetapi sayang sampai sekarang ini tidak ada yang sukses menyingkap siapakah yang ada dibalik virus ini. Ada sangkaan Mydoom berawal dari Rusia tetapi tidak ada bukti kuat yang memberikan dukungan pengakuan itu.

Meskipun sebagian besar gempuran virus di atas berlangsung di tahun 2000-an, bukan bermakna kita telah terlepas darinya sekarang ini. Ada banyak teror virus yang berada di dunia maya. Kamu selalu harus berhati-hati dan pokoknya tidak boleh buka e-mail atau pesan apa saja yang tidak terang aslinya darimanakah Virus Komputer Membuat Kerugian tersebut.